Jumat, 05 Maret 2010

Tidak luput oleh sejarah

Tidak luput oleh sejarah

Mengerti akan sejarah bearti menghargai orang-orang yang terdahulu. Dari orang-orang terdahulu berarti kita telah mengetahui sedikit kisah-kisahnya yang membuat kita menggambil penggalaman yang baik dapat ambil. Karena pengalaman dan kisah yang bijak akan kita peroleh dengan kita mengetahui dahulu sejarahnya. Seperti sejarah para pahlawan, para nabi-nabi dan tokoh-tokoh terkenal lainnya.

Seperti pada kerajaan Majapahit yang berdiri pada tahun 1293 atau 1500 Masehi, pada puncak kejayaan Hayam Wuruk yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389. masanya Majapahit mencapai puncak kejayaannya dengan bantuan mahapatihnya, Gajah Mada. Yang terkenal sumpah palapanya. Yaitu “Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa".

Dari secuil kisah diatas maka terdapat makna dan arti yang kita ambil sebagai pelajaran dan motivasi kita terhadap negeri kita. Mahapatih dengan gigihnya ingin memperluas kerajaan nya hingga berbagai kawasan yang ingin ditaklukkannya dengan puasa. Dari kegigihan dan perjuanggan itu maka dapat ditaklukkan kawasan-kawasan baru. Seperti mahapatih gajah mada yang tidak menyerah untuk menaklukkan kawasan yang lain. Oleh karena itu sepertinya kita bisa membangun Indonesia agar lebih berkembang, lebih maju walaupun kondisinya berbeda dari waktu dahulu tapi terdapat jalan atau cara yang sama yaitu kegigihan dan tidak pantang menyerah jika terjadi kegagalan kita pun harus berusaha dan bertindak dengan baik dan positif untuk negeri tercinta. Terus berusaha dengan baik dengan begitu akan menghasilkan sebuah hasil yang baik pula.

Tidak ada komentar: