Senin, 22 Desember 2008

TUGAS METODE RISET DARI SOAL UTS

Proposal Penelitian


Tema Penelitian: Peninggkatan jumlah pelanggan restoran dan cafe

HUBUNGAN ANTARA PROMOSI RESTORAN STEAK & RIBS KENYOT CORP dengan PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN

I. Latar belakang
Di zaman yang pesat ini persaingan dalam dunia usaha meningkat.Seiring dengan berkembangnya waktu,para konsumen lebih pandai dalam memilih tempat makan yang mereka senangi.Disamping itu pula dalam dunia usaha di bidang makanan bermunculan,banyak sekali yang menawari makanan beraneka ragam, dari makanan dalam negri hingga makanan luar negri.Didalam persaingan usaha di bidang makanan luar negri misalnya Restoran Steak & Ribs yang sekarang sedang popular di kalangan masyarakat kota.
Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp melihat bahwa dengan banyaknya bermunculan restoran yang sejenis menambah daya saing sehingga harus menjaga pelanggan dan meningkatkan pelanggan. Oleh karena itu dengan banyak pesaing restoran Steak & Ribs harus melakukan promosi yang dapat memikat hati masyarakat.Promosi merupakan alat dimana menggenalkan lebih dalam produk yang diciptakannya.Dengan promosi diharapkan masyarakat mau menerima produk sehingga meningkatkan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka mendorong penulis untuk membuat penulisan ilmiah mengenai ‘Hubungan Antara Promosi Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp dengan Peninggatan jumlah Pelanggan’
II. Rumusan Masalah
1. Bagaimana strategi yang dipakai dalam meningkatkan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot corp?
2. Apakah pelanggan Restoran steak & Ribs Kenyot Corp merasa puas?
III. Tujuan Penelitian
- Untuk mengetahui strategi apa yang dipakai Restotan Steak & Ribs Kenyot Corp dalam meningkatkan jumlah pelanggan
- Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
IV. Metodelogi Penelitian
A. Objek Penelitian
Para pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp, yang terletak di jalan Margonda Raya No. 16 Depok.
B. Data Penelitian
Data diambil dalam penulisan merupakan data primer,dengan menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada para pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
C. Variabel yang digunakan
Sesuai dengan tujuan penelitian ini,variable yang diuji meliputi variable dependen (y) yaitu kepuasan konsumen dan variable insependen (x) yaitu faktor promosi yang dilakukan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
D. Metode Pengumpulan Data
Metode penggumpulan data ini dengan menggunakan responden 100 orang,yang merupakan pelanggan Restoran Stek & Ribs Kenyot Corp.Dengan menggunakan sampling random yang dipakai 50 orang. Dan metode penggumpulan data yang digunakan penulis dalam penulisan ilmiah ini antara lain:


a. Studi Lapangan
- Obsevasi
Penulis terjun langsung ke lapangan untuk melihat dan mendengarkan dalam mencari data.
- Survei
Pemberian kuisioner kepada pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp, yang berisi pertayaan berkaitan dengan promosi yang dilakukan Restoran Stek & Ribs Kenyot Corp.
E. Alat Analisis yang Digunakan
Dalam penelitian ini untuk mengukur variable digunakan kusioner dengan pendekatan “skala likert”. Skala Likert adalah teknik pengukuran sikap yang paling luas dalam riset pemasaran.
Tingkat Kepuasan
Skor
Sangat Puas ( SP)
5
Puas ( P )
4
Tidak Puas ( TP )
3
Sangat Tidak Puas ( STP)
2
Dengan menggunakan uji normalitas,dengan menggunakan variable dependen dan independent yang mempengaruhinya.
5. Rancangan Analisis
Dalam analisis ini menggunkan uji normalitas l,maka dapat kita ambil hipotesa:
H0: Faktor promosi tidak mempengaruhi kepuasan konsumen
Ha: Faktor promosi mempengaruhi kepuasan konsumen
Dengan adanya uji normalitas, maka jika jawaban yang paling dominant itulah yang mempengaruhi kepuaan konsumen Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
6. Kesimpulan
Disimpulan bahwa faktor promosi yang dilakukan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp dapat meninggkatkan jumlah pelanggan,yaitu dengan diterimanya Ha.Dengan demikian para pelanggan merasa puas dalm bentuk promosi yng dilakukan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
7. Usulan Strategi
Strategi yang sebaiknya digunakan adalah dengan meningkatkan lagi kualitas makanan yang dapat menimbulkan kepuasan pelanggan, dan lebih inovatif ,kreatif dalam jenis makanaan sehingga tidak menciptakan kebosanan pelanggan ketika menggunjungi Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp. Disamping itu juga lebih inovatif lagi dalam mencari ide-ide promosi,seperti setiap pembayaran Rp 100.000 gratis menu yang ditawarkan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

good work, but you didn't describes about research motivation and research model

Rdgs
Prihantoro